Minggu, 22 Januari 2012

Membuat Jaringan

      Hai readers!!! jumpa lagi di blog alfin hidayat.di rubrik kali ini kita akan mencoba membuat jaringan . Sebenarnya membuat jaringan bukan hal yang sulit kok. lihat aja nih!

Sebelumnya,Kita persiapkan bahan-bahan dan alat yang kita perlukan.
1.UTP Cable - Kabel yang akan kita gunakan untuk membuat kabel jaringan dengan jenis       UTP  (Unshielded Twistet Pair). Biasanya saya menggunakan Merk Belden made in           USA ataupun Belkin.Harga sekarang berkisar Rp. 1.200.000 / box dengan panjang 300       Meter.
2.Konektor RJ-45 – RJ merupakan singkatan dari (Registered Jack). Merupakan konektor     yang akan dipasangkan pada unjung kabel. Untuk kabel jaringan menggunakan tipe             RJ45. Harga sekarang berkisar Rp. 70.000 / kotak dengan isi 100 buah.
3.Crimping Tool - Alat yang kita gunakan untuk memasang kabel jaringan. Peralatan ini       memiliki multi fungsi, diantaranya bisa memotong kabel, membuka bungkus kabel          (jacket) dan menjepit kepala konektor. Harga sekarang sekitar Rp. 75.000.
4.Cable Stripper – Digunakan untuk memotong benang halus yang ada didalam kabel dan     juga bisa digunakan untuk memotong jacket pelindung kabel. Biasanya include                   dengan Crimping Tool. Yang jual terpisah juga  




Cara Membuat
1.Siapkan kabel UTP yang telah disediakan
2.Potonglah kulit luar kabel UTP sepanjang kira-kira 2 cm. Gunakan tang crimping tool untuk               melakukan hal ini.
3.Setelah bagian luarnya kita potong, susunlah ke 8 kabel warna warni yang ada di dalamnya sesuai       urutan yang telah ditentukan. berikut adalah urutannya (DARI KIRI KE KANAN)
  -Putih orange dengan orange
  -Putih hijau dengan biru
  -Putih biru dengan hijau
  -Putih cokelat dengan cokelat
4.Setelah disusun sesuai urutan di atas, pastikan bahwa ujung-ujung kabelnya telah rata. jika belum rata    gunakan tang crimping tool untuk meratakannya.
5.Jika dirasa telah rapi, masukkan kabel ke dalam konektor RJ-45.
  (INGAT!!! KLIP KONEKTOR HARUS MENGHADAP KE BAWAH)
6.Tekan kabel-kabel tersebut sampai mentok ke ujung konektor
7.Masukan konektor RJ-45 ke tang crimping tool.
8.Tekan kuat-kuat gagang tang hingga terdengar bunyi KLIK.
9.Kelar deh....

Gampang kan caranya. SELAMAT MENCOBA!!!!!

(SUMBER; WIKIPEDIA dengan perubahan seperlunya)

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...